KERJASAMA DAN JARINGAN INFORMASI

KERJASAMA DAN JARINGAN INFORMASI

KERJASAMA DAN JARINGAN INFORMASI
Ditulis Oleh : AFRINA NAULI LUBIS, S.Sos

 

Pengertian Kerjasama

Kerjasama adalah dua orang atau lebih untuk melakukan aktivitas bersama yang dilakukan secara terpadu atau bersinergi yang di arahkan kepada suatu target atau tujuan tertentu. Kerjasama adalah suatu bentuk yang alami/yang sering di lakukan di banyak organisasi, tetapi ini adalah suatu yang dianggap level tertinggi kompleksitasnya diantara manusia, kerjasama di lakukan untuk mencapai target tertinggi yang di lakukan secara bersama-sama.

Manfaat dan keuntungan kerjasama

Berdasarkan penelitian kerjasama mempunyai beberapa manfaat daan keuntungan menurut ( H. Kusnadi: 2003):

  • Kerjasama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas
  • Kerjasama mendorong berbagai upaya individu agar dapat bekerja lebih produktif, efisien, dan efektif.
  • Kerjasama mendorong terciptanya hubungan yang harmonis antar pihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan
  • Kerjasama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuam bersaing meningkat
  • Kerjasaama menciptakan praktek yang sehat serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.

Dapat penulis simpulkan bahwa manfaat dan keuntungan kerjasama itu untuk mendorong berbagai hubungan, upaya,peningkatan produktivitas untuk meningkatkan kemampuan bersaing dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Konsep Dasar Kerjasama Jaringan

  1. Peningkatan kebutuhan masyarakat akan informasi
  2. Perkembangan karya cipta manusia
  3. Peningkatan aktivitas pengelola informasi
  4. Keterbatasan sumber dana
  5. Keterbatasan sumber daya informasi
  6. Keterbatasan SDM
  7. Keterbatasan Akses; dll

Institusi Yang Bergerak Di Bidang Pengelolaan Informasi Dan Dokumentasi

BSN mengeluarkan Surat Keputusan Kepala Badan Standarisasi Nasional Nomor 141D/KEP/BSN/6/2013 tentang pejabat pengelola informasi dan dokumentasi . sesuai dengan keputusan tersebut, PPID menetapkan pedoman layanan informasi di lingkungan BSN. BSN menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa pusat layanan informasi, fasilitas pendukung seperti layanan petugas pelaksana layanan informasi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi. (www.bsn.go.id )

 

Daftar pustaka

Agus, Yunitawati Yuventia.Kerjasama dan Jaringan Informasi. Semarang diakses dari https://jevirian.fileswordpress.com/2010/12/kerjasama-dan-jaringan-informasi.ppt 16 september 2018 pukul 22.00 wib

Badudu, Zain.2001.Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Brace, Jose. 2018. The Cooperation Mecanisms of trade associations. University of western cape diakses dari https://www.emeraldinsight.com/doi/full/10.1108/ARLA-12-2016-0329  15 september 2018 pukul 20.12 wib

BSN. 2017. Unit Layanan Informasi Publik Badan Standarisasi Nasional. Diakses dari https://www.bsn.go.id/main/bsn/isi_bsn/2017/pejabat-pengelola-informasi-dan-dokumentasi  14 september 2018 pukul 22.30 wib

Kusnadi H. 2003. Masalah,kerjasama,konflik,dan kinerja. Malang: Taroda

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *