Lomba Bercerita SD/MI Se Sumut Dilakukan Online

Lomba Bercerita SD/MI Se Sumut Dilakukan Online

Medan-Ada yang baru di masa pandemic Covid-19 ini, Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020 dilaksanakan dengan sistem virtual atau online. Peserta yang berasal dari 8 kabupaten/kota menampilkan ceritanya sedangkan juri duduk satu ruangan di Ruangan Digital Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (16/7).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Ir. Halen Purba,MM mengatakan, Lomba Bercerita SD/MI tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya, biasanya tatap muka. Tetapi, kali ini online, namun tidak mematahkan semangat untuk mengembangkan potensi anak-anak dan menggali cerita-cerita lokal Sumatera Utara.

“Kemampuan membaca merupakan modal dan factor penting dalam penyelenggaraan pendidikan (formal, informal dan nonformal), dan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan di era ekonomi global,”katanya,

Pemberdayaan kegemaran membaca pada satuan pendidikan boleh dikatakan tidak muda dan tidak susah. Upaya pembudayaan harus ditanamkan dan dilatih sedini mungking serta dilakukan secara berkelanjutan. Acara ini adalah sebagai pola pemberian apresiasi dan motivasi nasional pembudayaan kegemaran membaca melalui jalur sekolah tingkat dasar. Tentunya pola apresiasi ini akan dikembangkan dan ditingkatkan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu.

Ketua Panitia, Drs Wardijah, MSi mengatakan tujuan pelaksanaan lomba yakni menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan dan buku dalam membangun karakter, kecerdasan dan inovasi masyarakat.

Mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kepahlawanan serta membangun karakter bangsa. Menumbuhkankembangkan kecintaan anak-anak terhadap budaya bangsa.

Peserta kegiatan terdiri dari 8 peserta dari kabupaten/kota yakni Kabupaten Batubara, Kota Medan, P Siantar, Sibolga, Deli Serdang, Dairi dan Tapsel. Sedangkan juri yakni Budayawan Sumut, Sulaiman Sambas, Drs Mihar Harahap, dan Pendongeng, Indri, SPd. (Muhammad arifin)

Sumber : Rekatmedia.com

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *