Buka Lomba Cipta Senam Kreasi, Pj Gubernur Sumut Fatoni Ajak Perwosi Ikut Sukseskan PON XXI

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengajak Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Sumut ikut menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang berlangsung 8-20 September mendatang. Hal ini disampaikannya usai membuka Lomba Cipta Senam Kreasi Perwosi Sumut di Marelan Square, Tanah Enam Ratus, Medan, Sumatera Utara, Minggu (11/8/2024). 

 

Fatoni mengatakan tahun ini Sumut akan menjadi tuan rumah PON XXI. Ajang olahraga terbesar di Indonesia ini mempertemukan atlet-atlet berbakat dari seluruh provinsi untuk bersaing dalam berbagai cabang olahraga.

 

"Bagi kita, ini adalah kedua kalinya menjadi tuan rumah, setelah tahun 1953 dan tahun ini kita dipercaya kembali, ini kesempatan kita semua ikut menyukseskannya, Forwasi bisa menjadi volunteer, paling tidak jadi supporter, kita tunjukan Sumut mantap, harmoni keberagaman,” ujar Fatoni, yang hadir bersama Pj Ketua TP PKK Sumut Tyas Fatoni.

 

Menurutnya, dengan adanya pelaksanaan PON akan berdampak bagi pelaku UMKM dan pelaku bisnis lainnya. Di antaranya naiknya pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumut karena akan hadir tamu-tamu dari 38 provinsi se-Indonesia berjumlah lebih dari 15 ribu atlet, pelatih dan ofisial. 

 

“Mereka akan belanja, nginap di hotel, menikmati kuliner dan menikmati destinasi wisata di Sumut. Jadi kita semua harus berkolaborasi untuk meraih kesuksesan dalam pelaksanaan dan sukses meraih prestasi," jelas Fatoni.

 

Terkait pelaksanaan Lomba Cipta Senam Kreasi, Fatoni menyambut baik kegiatan ini sebagai wadah untuk terus berkreasi dan tetap menjaga kebugaran tubuh. Karena dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. 

 

“Kalau kita sehat pastinya, kita bisa berprestasi," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Perwosi Sumut Jamilah Azis mengatakan kegiatan ini  dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI. Tak hanya itu sebagai wadah wanita dan anak-anak yang menyenangi olahraga untuk bersama-sama mengolahragakan masyarakat, agar memiliki kebiasaan berolahraga.

 

"Selain sebagai sarana kreativitas, dan sarana silaturahmi. Melalui lomba cipta senam kreasi juga kita harapkan terciptanya generasi sehat menuju generasi emas Indonesia tahun 2045," jelasnya.

 

Terdapat empat kategori Cipta Senam Kreasi yang diperlombakan, yaitu aerobik, zumba, dangdut dan senam kolaborasi. Untuk lomba aerobik ada 80 peserta, zomba dan dangdut 50 peserta dan untuk senam kolaborasi ada 50 group yang ikut.

 

“Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus didukung Pemprov Sumut, untuk lebih membangkitkan semangat olahraga di kalangan mayarakat,” sebutnya.

 

Turut hadir Kadispora Sumut Baharudin Siagian, Kadis Pendidikan Sumut Abdul Haris Lubis,  beserta organisasi istri-istri Forkopimda Sumut, organisasi Senam Kota Medan dan Sumut, serta para pelajar dan masyarakat Kota Medan.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

 

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara