Bunda PAUD Sumut Tyas Fatoni Terus Dorong Kabupaten/Kota Bersinergi Wujudkan Generasi Emas

Medan. Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sumatera Utara (Sumut) Tyas Fatoni terus mendorong Bunda PAUD Kabupaten/Kota untuk bersama-sama bersinergi menciptakan generasi emas. Hal itu disampaikannya pada acara Gebyar Perkumpulan Penyelenggara (PP) PAUD Provinsi Sumut Tahun 2024 dengan tema ‘Sinergitas dan Dedikasi PP-PAUD dalam Membangun Fondasi Kuat menuju Generasi Emas yang Bertakwa, Berakhlak dan Cerdas’ di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/9/2024).

 

“Dalam rangka mewujudkan Generasi Emas 2024, merupakan tugas kita bersama menjadikan anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai generasi emas untuk menjadikan Sumut Mantab dan Harmoni. Maka dari itu mulai dari diri kita harus menyiapkan anak-anak kita untuk menyongsong impian yang kita dambakan, yaitu Indonesia emas,” kata Tyas.  Menurutnya, terdapat dua hal yang perlu ditanamkan dalam diri anak-anak sejak dini, yaitu karakter dan kecerdasan. Hal ini bertujuan agar anak-anak tersebut nantinya dapat berdaya saing global, serta menjadi generasi yang berahklak dan bertakwa kepada Allah SWT.  “Semua ini didapat dimulai dari pendidikan dalam keluarga sebagai komunitas terkecil, di sini orang tua mesti memainkan peranannya,” ucap Tyas.  Sementara itu, PAUD sebagai penyelenggara pendidikan harus menitikberatkan perkembangan agama dan moral, bahasa, fisik, motorik juga seni. Oleh sebab itu, peran orang tua atau keluarga dan PAUD pun menjadi penting dalam mewujudkan generasi emas. 

 

Gebyar PP-PAUD Provinsi Sumut Tahun 2024 memiliki berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya lomba tari kreasi etnis daerah, pemberian alat permainan edukatif, guru bercerita, sosialisasi pemahaman dan pembentukan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PP PAUD Kabupaten/Kota se-Sumut juga Sosialisasi Survei Lingkungan belajar (Sulingjar) PAUD 2024. Sebagai informasi, juara pertama pada lomba tari kreasi etnis daerah diraih TK Angkasa Lanud Soewondo Medan, juara kedua diraih TK Pembina I Medan dan juara ketiga TK ABA 19. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPD PP PAUD Sumut Dian Arief S Trinugroho, para penasihat sekaligus Bunda PAUD Kabupaten/Kota dan Pengurus PP PAUD Kabupaten/Kota se-Sumut, Pengurus DWP dan TP PKK Provinsi Sumut.

 

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaetrautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara