Dekranasda Sumut Akan Libatkan Perajin Muda untuk Lestarikan Budaya Daerah

Jakarta. Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kedepannya akan melibatkan perajin muda agar dapat bersama-sama berkontribusi dalam melestarikan warisan budaya daerah. Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi (Sumut) Tyas Fatoni usai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas tahun 2024 di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

 

Hal ini dikarenakan saat ini industri kerajinan tengah menghadapi tantangan persaingan global, termasuk perubahan tren pasar hingga perkembangan teknologi. Menurutnya, dengan melibatkan perajin muda di Sumut diharapkan produk UMKM dan IKM Provinsi Sumut dapat makin membumi dan mendunia.

 

“Untuk mewujudkan ini semua perlu adanya kolaborasi dan bersinergi dengan semua stakeholder, sehingga terwujudnya kesolidan dalam mensejahterakan masyarakat,” ujar Tyas. 

 

Kegiatan Rakernas Dekranas tahun 2024 mengusung tema ‘Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya’ dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dekranas Wury Ma'aruf Amin ditandai dengan pemukulan gong. Peran Dekranasda bukan hanya sebagai penggerak tetapi juga sebagai inspirator yang memberikan semangat dan bimbingan kepada perajin di seluruh nusantara, terutama kepada perajin muda. 

 

Menurutnya, hal tersebut dapat berpeluang besar untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan terlebih Indonesia memiliki kekayaan kebudayaan yang sangat beragam dan bisa dijadikan inspirasi dalam menciptakan produk kerajinan yang unik bernilai tinggi. Selain itu, tren global menunjukkan peningkatan permintaan terhadap produk etnik dan otentik, platform e-commerce juga menjadi peluang pemasaran produk hingga ke luar negeri.

 

Selanjutnya, program kerja yang disusun dalam Rakernas hendaknya juga mendukung program pemerintah seperti digitalisasi produk UMKM dan IKM, peningkatan penggunaan produk dalam negeri, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Nasional Berwisata ke Indonesia.

 

Untuk itu, melalui Rakernas ini Wury Ma'aruf Amin mengajak seluruh pengurus Dekranas dan Dekranasda agar melakukan evaluasi terhadap langkah yang telah diambil. Menurutnya, kolaborasi dengan stakeholder dalam menyusun dan menjalankan program kegiatan Dekranas sangatlah penting.

 

“Maka dari itu, perlu adanya sinergitas dan bisa bersaing guna menciptakan ekosistem kerajinan yang solid dalam mewujudkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia,” ujar Wury Ma'aruf Amin.

 

Turut hadir dalam kesempatan ini, di antaranya Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian, Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di Lingkungan Lembaga dan Kementerian, Ketua Dekranasda dan pengurus Provinsi se-Indonesia, pengurus Dekranas Pusat dan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota secara daring.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara