Diskusi Sastra Robohnya Surau Kami bersama Komunitas Penggerak Literasi

Medan - A.A. Navis dikenal sebagai sastrawan mumpuni dengan karya-karya satir. A.A. Navis memberikan kontribusi bermakna yang kerap menyampaikan kritik melalui karya-karyanya. A.A. Navis bernama lengkap Haji Ali Akhar Navis yang lahir pada 17 November 1924 di Kampung Jawa Padangpanjang. Sumatera Barat.

 

Cerpen Robohnya Surau Kami merupakan karya A.A. Navis paling berpengaruh. Karya ini menjadi bacaan populer di sekolah dan di perguruan tinggi. Cerpen Robohnya Surau Kami pertama kali terbit di Majalah Kisah, Jakarta, tahun 1955. Cerpen ini kemudian terbit dalam buku kumpulan cerpen pada tahun 1956 oleh Penerbit NV Nusantara, Bukittinggi.

 

Dalam rangka memperingati 100 Tahun A.A. Navis, hari lahir sastrawan terkemuka Indonesia sebagai perayaan Internasional oleh Unesco. Balai Bahasa bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara mengadakan Diskusi sastra dari salah satu karya A.A.Nafisi yaitu "Robohnya Surau Kami" bersama komunitas penggerak literasi Di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu. (08/08)

 

Pada kesempatan tersebut, Kadis Perpustakaan dan Arsip Provsu Dwi Endah Purwanti, S.Si, M.Si Membuka acara sekaligus memberikan sambutan pada acara tersebut. Dalam sambutannya kadis menyampaikan, baginya Sastra adalah bagian penting dari peradaban, jangan sampai Generasi penerus lupa dengan tokoh-tokoh sastra dan bacaan bermutu yang dapat diambil dari karya-karya penulis sastra zaman dahulu, ibu kadis juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Balai Bahasa Sumatera Utara, karena telah melibatkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu untuk kesuksesan kegiatan ini.

 

Diacara tersebut turut hadir juga membersamai Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara Bapak Hidayat Widayanto, beliau menyampaikan terimakasih kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu karena bersedia ikut serta berperan sebagai mitra pada kegiatan ini. 

#disperpusipsumut #perpustakaan #arsip #sastra #balaibahasa #sumaterautara #lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara