Kejurda Atletik Sumut Pecahkan Rekor Nasional, Pj Gubsu Harap Atlet-atlet Baru Level Internasional

Deli Serdang. Ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2024 berhasil memecahkan rekor nasional dengan peserta terbanyak se-Indonesia selama sepanjang tahun. Tercatat sebanyak 1.620 peserta mengikuti acara ini sekaligus test event dan test venue di Stadion Madya Atletik Sumut, Desa Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (18/8/2024).

 

"Sumut punya sejarah kuat melahirkan atlet-atlet atletik level internasional, melihat antusias ini, saya optimis dari Kejurda ini akan lahir bintang-bintang baru nantinya," kata Fatoni.

 

Ini juga pertama kalinya Stadion Madya Atletik digunakan untuk kejuaraan sekaligus menguji venue. Terlebih, saat ini Stadion Madya Atletik Sumut telah mendapat sertifikat standar internasional. 

 

"Bersyukurlah adik-adik semua menjadi orang pertama yang merasakan stadion madya atletik ini, stadion dengan standar internasional. Kalian harus bisa memanfaatkan ini dengan maksimal," ucap Fatoni. 

 

Berdasarkan laporan Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut David Luther Lubis, peserta Kejurda terdiri dari U-18, U-20 dan senior. Keseluruhan peserta berasal dari 25 Kabupaten/Kota se-Sumut, termasuk dari sekolah-sekolah. 

 

"Sepanjang ada Kejurda ini peserta terbanyak, luar biasa antusias masyarakat kita," ujar David. 

 

Sementara itu, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung mengatakan pihaknya terus menunggu-nunggu lahirnya atlet-atlet atletik dari Sumut. Menurutnya, Sumut menjadi salah satu produsen atlet atletik yang mumpuni. 

 

"Kalian ingat Mardi Lestari, legenda sprint kita, memecahkan rekor internasional, Parluatan Siregar tidak terkalahkan di Sea Games, kalau sekarang ada Nella Agustin, Sumut memang gudangnya pelari hebat," ucap Tigor. 

 

Hadir pada Kejurda dan test event ini, di antaranya Wakapolda Sumut Kombes Pol Rony Samtana Tarigan, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, serta OPD terkait lainnya. Tak hanya itu, mantan-mantan atlet Sumut, tokoh-tokoh olahraga dan tokoh masyarakat juga hadir dalam kegiatan tersebut.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara