Kepala Dispusip Provsu ikut serta (PKN) Tingkat II

MEDAN - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara (DISPUSIP_PROVSU) ikut serta dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XI Tahun 2024.

 

Kepala Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Sumut Syafruddin mengatakan, ada 57 peserta yang berasal dari seluruh Sumut dan dari luar Sumut. PKN dilaksanakan mulai 15 Mei 2024 hingga 20 September 2024. PKN kali ini bertema ‘Digitalisasi transformasi tata kelola pemerintahan untuk peningaktan kesejahteraan masyarakat".

 

Dan pada kesempatan ini, Dwi Endah Purwanti SS. M.Si selaku Kepala Dispusip Provsu menjadi salah satu dari 57 peserta yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XI Tahun 2024.


Sesuai dengan tema yang diberikan, Dwi Endah langsung mengadakan pertemuan dengan 4 (Empat) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten/kota di Sumatera Utara yang bertujuan Membangun Komitmen untuk Melakukan Kolaborasi Strategis melalui Integrasi Layanan Perpustakaan dalam rangka Membangun Layanan Perpustakaan Bersama (Interlibrary Loan) dan Katalog Induk Daerah Elektronik (E- KIDSU), di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu. (05/07)

 

Pengintegrasian ditahap awal ini akan dimulai dari 4 Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/Kota terlebih dahulu, yaitu Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deli Serdang, Langkat, Karo dan Batu Bara. Dan Dinas Perpustakaan dan Arsip dari 4  Kabupaten ini juga semangat dan mendukung penuh untuk Ide dan Gagasan ini, mereka sepakat untuk bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk kelancaran pengintegrasian ini.


Minat dan budaya baca sebagai bagian dari literasi merupakan tolak ukur peradaban intelektual yang dimiliki masyarakat. Upaya kolaborasi perpustakaan tentunya tetap merupakan bagian langkah strategis membangun budaya intelektual serta mewujudkan masyarakat yang cerdas, mandiri, kreatif, inovatif dan berdaya saing. 


Kolaborasi diantara perpustakaan umum dalam penyelenggaraan layanan perpustakaan sangat diperlukan di era distrupsi informasi sekarang ini, mengingat tingginya tuntutan dan kebutuhan akan tersedianya sumber-sumber informasi serta banyaknya keberagaman bahan-bahan informasi namun mengalami keterbatasan anggaran pengembangan koleksi. Melalui sharing resources diharapkan perpustakaan dapat menawarkan optimalisasi pemanfaatan koleksi yang ada, efisien dalam penggunaan anggaran, namun tetap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.  Integrasi merupakan solusi strategis untuk mewujudkan penyelenggaraan layanan perpustakaan yang adil dan merata di seluruh wilayah Sumatera Utara.


"Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatan IPLM diSumatera Utara, dan sebagai langkah awal membangun database koleksi perpustakaan se- Sumatera Utara yang dituangkan ke dalam Katalog Induk Daerah Provinsi Sumatera Utara sehingga dapat tersajikan dalam format elektronik" Ungkap Dwi Endah.

 

Diharapakan dengan adanya Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN), mampu menciptakan pemimpin yang menggabungkan semangat berwirausaha dan inovasi, menjadi mercusuar perubahan, mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan peluang kerja, dan menyulut percikan inovasi. Memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan, menginspirasi tim, membudayakan pola pikir yang merangkul resiko, menghargai kreativitas dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan yang menjadi landasan perjalanan Indonesia dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

 

#agusfatoni
#pemprovsu
#sumaterautara
#lebihdekatlebihcerdas
#dispusipsumut
#sumut

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara