Malam Renungan Suci, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni: Jadikan Momentum Menuju Indonesia Emas

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI). Menurutnya, kegiatan ini menjadi momen yang tepat untuk menguatkan tekad menuju Indonesia emas.

"Mengingat kembali jasa pahlawan kita harus menjadi dorongan membangun bangsa, mengisi kemerdekaan hasil jerih payah para pahlawan dan ini momen yang tepat menguatkan tekad menuju Indonesia emas," kata Fatoni usai renungan suci di Taman Makam Pahlawan Bukti Barisan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (17/8/2024) dini hari. 

Menurutnya, Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kemerdekaan Indonesia yang telah gugur serta mengingat kembali perjuangan mereka sebagai dorongan generasi saat ini mengisi kemerdekaan. 

Fatoni mengatakan peringatan Kemerdekaan RI ke-79 cukup spesial untuk Sumut karena berdekatan dengan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut. Peringatan kemerdekaan RI diharapkan semakin meningkatkan semangat PON XXI Aceh-Sumut. 

"Kali ini spesial, kita jadi tuan rumah dan akan digelar hanya hitungan hari lagi, kita harap semangat Kemerdekaan terus menyala, menyemarakkan PON," ucap Fatoni. 

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto selaku inspektur upacara mengatakan generasi saat ini memiliki tugas untuk melanjutkan kemerdaan RI. Dia berharap mereka tidak akan menyia-nyiakan hasil perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya. 

"Keikhlasan dan pengorbanan pahlawan memperjuangan kemerdekaan NKRI terus kita kenang, jadikan dorongan untuk Melanjutkan kemerdekaan dan kejayaan RI," kata Whisnu. 

Apel Penghormatan dan Renungan Suci ini diikuti langsung Ketua DPRD Sumut Sutarto, Pangdam I/BB, dan Forkopimda. Hadir juga Walikota Medan M. Bobby Afif Nasution, Kadis Kominfo Pemprov Sumut, Ilyas S Sitorus, Kadispora Baharuddin Siagian, serta OPD terkait lainnya.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara