Malam Resepsi Kenegaraan HUT RI, Pj Gubsu Ajak Negara Sahabat Turut Sukseskan PON XXI

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengajak para Konsul Jenderal (Konjen) dan Konsul Kehormatan negara sahabat untuk turut menyukseskan pembangunan Sumut, khususnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024. Hal ini diungkapkannya pada Malam Resepsi Kenegaraan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (17/8/2024) malam.

“Sumut jadi tuan rumah PON XXI, pesta olahraga nasional, ini satu kebanggaan bagi Sumut, saya ajak semua pihak untuk turut menyukseskan PON yang ada di Sumut ini,” kata Fatoni.

Diperkirakan pada saat pelaksanaan PON XXI di Sumut akan kedatangan 51 ribu orang yang terdiri dari atlet dan ofisial. Fatoni juga mengajak para Konsul negara sahabat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Forkopimda serta pemegang kebijakan lain untuk pembangunan di Sumut. 

“Malam ini sama-sama kita mensyukuri nikmat ini, mengisi pembangunan Sumut dengan menghimpun segala kekuatan, kita satukan potensi, kita semua bersatu padu, kita mampu ciptakan iklim harmoni, dengan tambahan kekuatan negara sahabat ini, jadi kekuatan kita luar biasa,” ujar Fatoni.

Selain itu, Fatoni mengatakan Provinsi Sumut memiliki potensi yang besar dan dapat diperhitungkan secara nasional. 

“Sumut dengan aneka suku, bermacam macam suku, yang hidup harmoni dan damai berdampingan secara damai di Sumut, harmoni ini merupakan potensi yang dimiliki Sumut,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Konjen Jepang Takonai Susumu mewakili Konjen negara sahabat mengapresiasi Pemprov Sumut yang selama ini telah menjalin kerja sama baik dengan negara-negara sahabat. Dia berharap hubungan baik tersebut dapat terus dijaga.

“Kami perwakilan asing di Medan berharap agar terus mengembangkan dukungan baik dan akrab atas dasar saling percaya, kami yakin bahwa Indonesia akan terus maju,” kata Takonai.

Keakraban dan kehangatan terlihat antara Pj Gubernur Fatoni dengan para tamu yang hadir dan sempat bertukar potongan tumpeng dengan Konjen Jepang. Begitu pula dengan Pj Ketua TP PKK Sumut Tyas Fatoni yang juga bertukar potongan kue dengan istri Konjen Jepang.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, di antaranya Konjen negara sahabat antara lain Konjen Jepang Takonai Susumu, Konjen Tiongkok Zhang Min, Konjen Malaysia Shahril Nizam bin Abdul Malek, Konjen Singapura Edmund Chia, Konsul Kehormatan Timor Leste Irwansyah. Juga turut hadir Kapolda Sumut Whisnu Februanto, Pangdam I/Bukit Barisan Mochamad Hasan, Kajati Sumut Idianto dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara