Melalui Safari Dakwah dan Tabligh Akbar, Pj Gubsu Sebarkan Semangat PON ke Kabupaten/Kota di Sumut

Asahan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni menyebarkan semangat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut lewat Safari Dakwah dan Tabligh Akbar ke Kabupaten/Kota di Sumut. Kali ini, Safari Dakwah dilakukan di Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara dan Kota Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (7/8/2024).

 

Fatoni mengatakan Safari Dakwah dilakukan bertujuan agar pelaksanaan PON XXI semakin semarak dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Dirinya berharap mereka dapat menjadi tuan rumah yang baik dan mendoakan agar event nasional ini berjalan sukses. 

 

"Kita tuan rumah itu kebanggaan, perlu 50 tahun untuk jadi tuan rumah, kebanggaan itu harus kita tunjukkan, harus kita sambut bersama, pasang spanduk di mana-mana, ceritakan ke keluarga, tetangga, itu semangat PON," kata Fatoni di Masjid Agung H Ahmad Bakrie, Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

 

Orang nomor satu di Sumatera Utara ini menjelaskan kepada jemaah yang hadir, pelaksanaan PON mampu mendorong pergerakan ekonomi Sumut. Setidaknya akan ada 15 ribu orang hadir ke Sumut yang berasal dari kontingen masing-masing provinsi se-Indonesia. 

 

"Sebanyak 15 ribu itu baru kontingen, belum lagi pejabat, suporter mereka dan lainnya, jadi hotel, penginapan, UMKM, pariwisata akan ramai semua, ekonomi kita terdorong, untungnya di kita. Makanya banyak provinsi berebut jadi tuan rumahnya," ucap Fatoni. 

 

Safari Dakwah dan Tabligh Akbar Asahan dirangkaikan dengan kegiatan Pasar Murah. Sementara itu, pelaksanaan Safari Dakwah Alun-alun di Lapangan Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah Tanjungbalai dilakukan pembagian sembako dan di Gedung MPH Inalum Batubara dirangkai dengan pemberian bantuan untuk madrasah, musala dan anak yatim. 

 

Fatoni berharap selain menyemarakkan PON, melalui kegiatan Pasar Murah, pembagian sembako dan pemberian bantuan mampu menekan inflasi di Sumut serta membantu yang membutuhkan. 

"Ini upaya kita bersama Kabupaten/Kota untuk menekan inflasi, meringankan beban masyarakat kita agar perekonomian bisa berjalan lebih baik lagi, semakin berkembang," kata Fatoni. 

 

Selanjutnya, terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan pada November mendatang, Fatoni berpesan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan benar, karena akan menentukan masa depan Sumut. 

 

"Sudah mulai dilihat siapa yang akan dipilih, siapa yang terbaik untuk menjadi Gubernur, Bupati atau Walikota, gunakan hak pilih Bapak/Ibu, jangan golput karena suara Bapak/Ibu sangat menentukan," ujar Fatoni. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Asahan Surya juga menyelenggarakan pasar murah untuk masyarakat. Ini salah satu upaya Kabupaten Asahan untuk mengendalikam inflasi di daerahnya. 

"Bersama Pemprov Sumut kita harap upaya ini bisa menekan inflasi agar perekonomian kita bisa berkembang lebih baik," kata Surya. 

 

Sementara itu, Walikota Tanjungbalai Waris Thalib berharap PON 2024 bisa membangkitkan perekonomian masyarakat. Senada dengan Waris, Pj Bupati Batubara Heri Wahyudi meminta masyarakat secara bersama-sama untuk menyemarakkan PON.

 

Hadir pada kegiatan tersebut, di antaranya Walikota Medan Bobby Afif Nasution, Walikota Tanjungbalai Waris Thalib, Pj Bupati Batubara Heri Wahyudi dan Ustaz Yusuf Mansur sebagai penceramah. Hadir juga Forkopimda, OPD terkait Pemprov Sumut dan OPD Batubara, Asahan dan Kota Tanjungbalai, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara