Pelatihan Public Speaking di Dispusip Provsu

Medan, Dispusipsumut - Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemampuan berkomunikasi tenaga Perpustakaan/Pustakawan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara mengadakan Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Publik Speaking untuk para Pustakawan di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu. (Rabu,10/07)

 

Public Speaking perlu dilakukan untuk memberikan informasi publik kepada publik, baik itu publik internal maupun eksternal. Oleh sebab itu seorang Tenaga Perpustakaan/Pustakawan harus memiliki kemampuan komunikasi dan “public speaking” yang baik sehingga dapat membantu proses bekerja dalam memberikan pelayanan dan menjadi tolak ukur keberhasilan dari penyampaian ide, pendapat, dan saran yang miliki oleh tenaga perpustakaan/pustakawan. Melalui public speaking, para Pustakawan dapat mengedukasi publik secara langsung dan dapat memperoleh umpan balik (feedback) lebih cepat, sehingga pesan komunikasi yang belum dipahami oleh publik dapat ditindak lanjuti dengan segera.  

 

Coach Rudi Hernanda selaku narasumber pada kegiatan ini memberikan banyak ilmu yang tentunya sangat bermanfaat untuk para peserta, seperti tips dan trik cara berkomunikasi yang baik, dan berani tampil didepan banyak orang. Setelah penyampaian materi, Coach Rudi langsung meminta beberapa peserta untuk mempraktikkan Publik Speakingnya didepan para peserta, dengan catatan harus sesuai dengan tips dan trik yang telah disampaikan sebelumnya.

 

Sementara itu, salah satu peserta mengatakan, kegiatan ini sangat berguna, melihat dengan perkembangan yang ada dibutuhkan cara berkomunikasi sesuai standar pelayanan. Agar dalam memberikan pelayanan memberikan rasa nyaman.

 

"Sangat berguna, saya dibagian pelayanan umum, acara public speaking ini sangat diperlukan agar kami pandai membawa diri dalam melayani masyarakat dan memberikan pelayanan prima," katanya.

 

"Kegiatan ini harus terus diadakan, untuk memberikan pelayanan masyarakat secara maksimal. Terutama seperti kami tenaga perpustakaan/pustakawan menjadi garda terdepan agar bisa membawa diri dalam melayani masyarakat dan menjadikan masyarakat senang dilayani," jelasnya. (Irma)

 

#dispusipsumut #perpustakaan #pustakawan #publikspeaking #baca #lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara