Pelepasan Pengajar muda Sumut Mengajar batch 16

Medan, Dispusipsumut - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara ibu dwi endah purwanti melepas 130 relawan Pengajar Muda Gerakan Sumut Mengajar Batch 16, untuk mengabdi dibeberapa Daerah yang ada di Provinsi Sumatera Utara. (22/07)

Relawan yang dilepas terdiri dari Mahasiswa/i yang berkuliah di berbagai Universitas di Sumut bahkan diluar Kota, dan mereka merupakan putra/i asli Sumatera Utara yang ingin mengabdikan diri untuk Pendidikan dan Literasi khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

 

Daerah pengabdian Para Relawan Pengajar Muda Batch 16 tersebut dibagi menjadi 4 Daerah, yakni Chapter Tanjung Pura, Sibolangit, Kutalimbaru dan Kurandak. Pengabdian akan dilaksanakan selama 16 Hari.

 

Peningkatan kualitas pendidikan dan literasi sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia yang menjadi fokus dari pembangunan di Provinsi Sumut. Gerakan Sumut Mengajar sebagai ruang bagi kaum muda untuk ikut terlibat belajar mengambil bagian dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah,  salah satunya rendahnya literasi di kalangan masyarakat.

 

Ibu Dwi Sebagai Dewan Pembina GSM mengingatkan kepada relawan untuk menjadi teladan bagi anak didik, karena mereka akan melihat dari diri relawan bagaimana gaya bicara, bertingkah laku, jaga sikap, jangan nodai kemulian relawan dengan perbuatan tercela dan motivasi mereka untuk optimis memandang masa depan.

 

“Teman-teman semua nanti terjun bukan ke taman bunga, tapi terjun ibaratnya ke hutan belantara , mungkin ada beberapa kesulitan yang akan teman-teman jumpai di lapangan ketika mengabdi, tapi kesulitan itu jadikan sebagai catatan masa muda kita sebagai cerita indah perjuangan bagi kita semuanya,“ jelasnya.

 

Ibu kadis juga berpesan kepada relawan, agar relawan tetap semangat dan jaga nama baik kerelawanan, jangan sampai merusak nama baik relawan tersebut dikarenakan perbuatan yang tidak baik. Semoga dengan semangat dan dedikasi para relawan, diharapkan bahwa pengabdian akan memberikan manfaat yang nyata dan menciptakan perubahan yang berkelanjutan bagi pendidikan dan literasi di Sumatra Utara.

 

#dispusipsumut #sumutmengajar #gsm2024 #gsm16 #literasi #sumaterautara #lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara