Pimpin RUPS LB PT Bank Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut Tak Ada Perubahan Direksi

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni memimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa (LB) PT Bank Sumut. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Bank Sumut Lantai III, Medan, Sumatera Utara, Kamis (22/8/2024).

 

Usai memimpin RUPS LB, Fatoni menyebutkan beberapa agenda yang dibahas pada rapat tersebut. Pertama, mengenai penjaringan direksi, kedua mengenai perubahan kepengurusan dan ketiga tentang perubahan sistem dan prosedur di PT Bank Sumut. 

 

Namun terkait direksi, Fatoni mengatakan sementara ini tidak ada perubahan. Karena direksi diperpanjang masa jabatannya dan tidak dilakukan penjaringan direksi.

 

“Untuk agenda penjaringan, karena seluruh direksi diperpanjang (masa jabatannya) maka penjaringan tidak dilakukan,” kata Fatoni. 

 

Meski kedudukan direksi diperpanjang, Fatoni menegaskan apabila diperlukan perubahan direksi bisa dilakukan kapan saja namun sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

“Direksi diperpanjang, tapi tidak mengurangi hak dan kewenangan pemegang saham, apabila diperlukan, kapan saja bisa dilakukan perubahan dengan RUPS, dan setelah ini tentunya akan ada RUPS berikutnya jika diperlukan,” ucap Fatoni. 

 

Mengenai perubahan sistem dan prosedur, Fatoni mengatakan PT Bank Sumut harus menyesuaikan sistem dan prosedur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang baru. Selain itu, dirinya juga memberi beberapa arahan pada PT Bank Sumut, salah satunya meminta mereka untuk meningkatkan kinerja sebagai langkah dan upaya yang akan dilakukan PT Bank Sumut demi kemajuan dan akan didukung oleh pemegang saham.


 
“Oleh sebab itu, peluang harus bisa dimanfaatkan sebaiknya, jangan sampai ada peluang tapi tidak diambil,” ujar Fatoni.

 

Selanjutnya, Fatoni juga meminta PT Bank Sumut harus melakukan terobosan atau inovasi. Perusahaan tidak bisa bekerja sendiri apalagi di tengah persaingan perbankan yang cukup ketat. 

 

“Apabila kita tidak melakukan inovasi dan terobosan tentu akan tertinggal dan ditinggalkan, baik ditingal oleh nasabah atau juga ditinggal oleh pemegang saham,” kata Fatoni. 

 

Fatoni juga meminta PT Bank Sumut terus memperbaiki pelayanan. Menurutnya, jika pelayanan baik maka perusahaan akan dipercaya dan menguntungkan. 

 

“Jika menguntungkan, tentu akan banyak memberikan kontribusi penghasilan asli daerah (PAD),” kata Fatoni. 

 

Turut hadir dan mengikuti RUPS antara lain, Direktur Utama PT Bank Sumut Babay Parid Wazdi, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Parlindungan Pasaribu, Walikota Medan Bobby Nasution, Bupati Sergai Dharma Wijaya, Komisaris Utama Non Independen Afifi Lubis dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara