Pj Gubernur Sambut Baik Rencana UMSU Jadi Tuan Rumah Muktamar Muhammadiyah 2027

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni menyambut baik rencana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi tuan rumah pelaksanaan Muktamar ke-49 Muhammadiyah pada 2027 mendatang. Hal tersebut diungkapkannya saat menerima audiensi rombongan Pimpinan UMSU di Rumah Dinas Gubernur, Medan, Sumatera Utara, Selasa (27/8/2024).

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam hal ini akan memberikan dukungan untuk persiapan tersebut. Menurutnya, rencana pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah Tahun 2027 mendatang merupakan langkah besar bagi Sumut untuk lebih baik lagi kedepannya.

 

“Kami mendukung upaya yang dilakukan oleh UMSU dengan rencana menggelar Muktamar Muhammadiyah di sini. Apa yang diperlukan untuk menyukseskan acara silakan kita diskusikan bersama,” kata Fatoni.

 

Fatoni juga mengajak UMSU serta seluruh civitas akdemika memberikan kontribusi dalam membangun Sumut, termasuk di dalamnya menyejahterakan masyarakat. Mengingat provinsi Sumut memiliki potensi besar serta diperhitungkan di kancah nasional.

 

“Ini juga menjadi kekuatan dan modal kita untuk bisa memajukan Sumut. Bagaimana kita bisa bersinergi, kolaborasi dan berkoordinasi demi kemajuan Sumatera Utara,” ucap Fatoni.

 

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UMSU Agussani mengatakan direncanakan Sumut akan menjadi tuan rumah pelaksana Muktamar ke-49 Muhammadiyah di Desa Sampali, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang. Untuk memaksimalkan kegiatan akbar tersebut, dibutuhkan pengembangan akses jalan dan ketersediaan air bersih.

 

“Sekarang ini jalan masuk menuju lokasi pelaksanaan Muktamar lebarnya hanya 6 meter. Kita berharap Pemerintah Provinsi memberikan bantuan agar ada pelebaran jalan. Serta jika memungkinkan bagaimana pasokan air dari PDAM Tirtanadi bisa masuk ke sana,” sebut Agussani.

 

Tak hanya itu, dirinya juga mengajukan permohonan bantuan kepada Pemprov Sumut agar Fakultas Kedokteran UMSU mendapat dukungan untuk mendapatkan pengakuan dari Negara Malaysia atau Malaysian Medical Council yang setara dengan Konsil Kedokteran Indonesia di negara sendiri. Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa asal Malaysia yang berkuliah di UMSU.

 

Sebagai tindak lanjut sekaligus penutup diskusi, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Abdul Haris Lubis menyampaikan agar UMSU mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar bisa mendapatkan pengakuan dari Malaysian Medical Council. Hal ini dikarenakan pada prinsipnya Pemprov Sumut mendukung upaya tersebut.

 

Turut hadir di antaranya Staf Ahli Bidang Hukum, Politk dan Pemerintahan Provinsi Sumut, Kepala BPSDM Provinsi Sumut, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumut dan sejumlah pejabat. Hadir juga Rektor UMSU Agussani, Wakil Rektor 2 Akrim Lubis, Dekan Fakultas Kedokteran UMSU, Dekan FISIP UMSU dan para Dekan Fakultas lainnya, serta sejumlah Kepala Biro.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#lebihdekatlebihcerdas

 

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara