Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Lepas Ribuan Peserta Pawai Obor dalam Rangka Peringatan HUT RI ke-79

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni melepas ribuan peserta pawai obor atau Taptu dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79. Kegiatan ini berlangsung di depan Kantor Gubernur Sumut, Medan, Sumatera Utara, Jumat (16/8/2024) malam.

 

Pelepasan pawai obor diawali dengan melaksanakan Upacara Taptu. Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Wing Komando III Kopasgat Mayor Pasukan M Adi Firdaus sebagai Komandan upacara.

 

Diketahui, Upacara Taptu merupakan tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu ketika akan menjelang hari kemerdekaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan negara.

 

Upacara Taptu ini dirangkaikan dengan pawai obor, api disimbolkan sebagai lambang semangat yang menyala sementara rombongan (pawai) yang berjalan di sepanjang kota menandakan mereka menginformasikan dan menyebarkan semangat yang menyala kepada masyarakat sekitarnya.


 
Tradisi ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat agar dapat memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk didalamnya semangat para pejuang. 

 

Peserta Taptu sekaligus peserta pawai obor terdiri dari berbagai elemen mulai dari TNI, POLRI, SATPOL PP, BPBD, ASN, Non-ASN, pelajar Pramuka dan warga masyarakat. Rute yang ditempuh para peserta pawai obor dimulai Jalan Diponegoro- Jalan Teuku Daud - Jalan Imam Bonjol -Jalan Letjen Suprato- Jalan Brigjen Katamso - Jalan Sisingamangaraja dan Finish di Taman Makam Pahlawan.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Kapolda Sumut Irjen Whisnu Hermawan Februanto, Danlantamal I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Sekda Sumut Arief S Trinugroho, pimpinan BUMN/BUMD, OPD Lingkup Pemprov Sumut dan masyarakat Kota Medan.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara