Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Minta Optimalkan Berbagai Lini Bisnis untuk Dukung Pelaksanaan PON XXI

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni meminta kepada jajaran Komisaris PT Kawasan Industri Medan (KIM) untuk mengoptimalkan segala lini bisnis guna mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh 2024. Hal ini diungkapkan saat audiensi dengan sejumlah Komisaris PT Kawasan Industri Medan (KIM) di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Sumatera Utara, Kamis (1/8/2024).

 

“Saya melihat bisnis PT KIM sudah lebih baik. Nanti, kita bisa membahas lebih lanjut mengenai bisnis utama dan bisnis penunjang, apa saja yang bisa kita optimalkan agar lebih maksimal lagi,” kata Fatoni. 

 

Melihat nilai dividen PT KIM yang terus meningkat, Fatoni mengingatkan kepada para komisaris untuk turut menyukseskan pageleran PON XXI Sumut-Aceh 2024 yang akan dilaksanakan pada 8-20 September 2024. Salah satunya dengan memberikan dukungan melalui pemberian sponsor juga sosialisasi terkait pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh 2024. 

 

“Banyak sekali program kegiatan yang bisa disinergikan dengan Pemprov Sumut. Selain PON, ada stunting, kemiskinan ekstrem, termasuk kegiatan lainnya. Artinya kita bisa melaksanakan program tersebut secara bersama. Termasuk mendukung pelaksanaan PON, bisa berupa spanduk, poster, sponsor, CSR, bahkan volunteer,” ucap Fatoni. 

 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT KIM Daly Mulyana menyampaikan bisnis utama dan penunjang dari PT KIM berupa penjualan dan persewaan lahan dan bangunan, penjualan air bersih dan pengelolaan limbah tenant. Sementara itu, terkait bisnis penunjang dari PT KIM seperti Pass masuk KIM, SPBU, Sport Center yang terdiri dari futsal dan badminton serta depo container. 

 

Saat ini, komposisi saham PT KIM terdiri dari 1 lembar saham seri A Dwiwarna, 59,9% Danareksa, Pemerintah Provinsi Sumut 30% dan Pemerintah Kota Medan 10%.

 

“Kinerja PT KIM sejak lima tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Pendapatan untuk triwulan kedua tahun 2024 tercatat Rp 115 miliar sedangkan laba bersihnya pada triwulan kedua tahun 2024 sebesar Rp 19 miliar,” sebutnya.

 

Dividen yang telah diusulkan pada tahun 2023 totalnya tercatat Rp 7,977 miliar yang terdiri dari dividen Pemprov Sumut sebesar Rp 2,393 miliar, Dana Reksa Rp 4,786 miliar, dan Pemko Medan Rp 797 juta. 

 

Sementara itu, terkait pelaksanaan PON, kata Daly, pihaknya telah melakukan sejumlah sosialisasi, beraudiensi dengan para sponsor. PT KIM telah berkomitmen untuk mendukung menyukseskan event olahraga nasional dimana Provinsi Sumut menjadi tuan rumah penyelenggara. 

 

“Kami sudah melakukan sosialisasi dengan pemasangan umbul-umbul untuk menyukseskan PON. Kami juga sudah beraudiensi dengan sejumlah perusahaan yang ada di PT KIM,” ucapnya. 

 

Turut hadir pada pertemuan, di antaranta Komisaris Utama PT KIM Nurdin Lubis, Inspektur Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Lasro Marbun  Kepala Biro Perekonomian Sumut Poppy Marulita Hutagalung, Kepala Bapenda Sumut Achmad Fadly, Kepala BKAD Sumut Muhammad Rahmadani Lubis serta jajaran direksi PT KIM lainnya.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara