Pj Gubernur Sumut Kukuhkan Tyas Fatoni jadi Bunda PAUD 2024

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengukuhkan Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Tyas Fatoni menjadi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Sumut Tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Le Polonia Hotel, Medan, Sumatera Utara, Rabu (21/8/2024). Fatoni menilai keberadaan PAUD sangat penting, karena dianggap menentukan masa depan anak dalam membentuk generasi emas 2045. Seluruh Kabupaten/Kota hari ini berkumpul dalam rangka bertukar informasi, saling berbagi ilmu guna percepatan proses, tujuan dan menyatukan gerakan."Saya percaya ibu (Bunda PAUD;red) akan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban disertai dengan rasa tanggung jawab melakukan pembinaan dan pengawasan layanan PAUD di Provinsi Sumut," ujarnya. "Kenapa Ketua PKK harus isteri kepala daerah? Kenapa Ketua Dekranasda harus isteri kepala daerah? Karena diharapkan komunikasi bisa berjalan baik dengan kepala daerah di level masing-masing, dan bisa dilakukan di mana saja," sambung Fatoni.

 

Pada saat itu, Fatoni juga menyampaikan, bahwa kekuatan organisasi yang telah dibentuk dari tingkat nasional sampai dengan desa merupakan kekuatan yang luar biasa. Oleh karena itu, diperlukan sinergi serta kolaborasi yang kuat dari setiap level dan internal tentu bahwa provinsi harus berkoordinasi dengan pusat dan kabupaten/kota.  “Kekuatan PKK dan PAUD menjadikan kekuatan Provinsi Sumut, hingga ke level bawah. Seperti pada pelaksanaan pencegahan prevalensi stunting, dilakukan mulai dari desa,Kkabupaten/Kota, Provinsi hingga ke level pusat. Dengan begitu, maka pencegahan stunting di provinsi ini diyakini akan tuntas,” jelasnya. Untuk itu Fatoni menilai peran ibu-ibu sangatlah penting, selain mendampingi suami bertugas juga dapat mendukung program pemerintah dan menyukseskan program organisasi dalam mewujudkan Provinsi Sumut maju, mantap dan harmoni. "Inilah pentingnya kita bersama-sama pada kegiatan semacam ini, bukan hanya seremonial, tetapi yang paling penting adalah implementasi, koordinasi, merumuskan langkah-langkah yang strategis dan bisa dilaksanakan sampai dengan tingkat kota sampai dengan tingkat lembaga-lembaga pendidikan, baik formal maupun informal," ucap Fatoni.

 

Pada acara itu Pj Gubernur Sumut bersama Bunda PAUD Sumut 2024 juga menetapkan desa/kelurahan pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), dan Posyandu tahun 2023 tingkat Provinsi Sumut. Diketahui, Pengukuhan Bunda PAUD Sumut Tahun 2024 merupakan rangkaian Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024, yang diselenggarakan 19-22 Agustus 2024. Hadir pada cara itu Ketua PKK dari seluruh kabupaten/kota di Sumut, yang juga menjadi Bunda PAUD dari kabupaten/kota, camat, kepala desa, serta kader PKK dari seluruh kabupaten/kota se-Sumut.

 

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara