Pj Gubsu Minta Doa dan Dukungan Masyarakat Mengulang Kesuksesan Sumut sebagai Tuan Rumah PON 1953

Tebing Tinggi. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni meminta doa dan dukungan dari masyarakat guna mengulang kesuksesan Provinsi Sumut sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-3 pada tahun 1953. Hal ini disampaikan saat Safari Dakwah dan Doa Keselamatan dalam rangka menyambut PON XXI Aceh-Sumut di Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi, Kamis (8/8/2024).

 

"Kita ingin mengulang kembali kesuksesan Sumut menjadi tuan rumah PON ke-3 tahun 1953. Tahun 2024 ini, Sumut kembali dipercaya menjadi tuan rumah PON XXI. Untuk itu, diharapkan doa dan dukungan kita semua, agar pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses,” ujar Fatoni, pada Safari Dakwah dan Doa Keselamatan di Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

 

Fatoni mengatakan menjadi tuan rumah pelaksanaan PON tidaklah mudah, penuh perjuangan dan harus berkompetisi dengan yang lain. Menjadi tuan rumah PON merupakan sebuah keuntungan bagi Sumut dikarenakan akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

 

"Selama ini, penyelenggaraan event olahraga masih dipandang sebatas prestasi. Padahal, potensi besar lainnya dapat mendatangkan nilai ekonomis bagi daerah, kulinernya laku, tenaga kerja terserap. Karena itu kita sebarkan luaskan informasi ini kepada masyarakat, bahwa Sumut menjadi tuan rumah PON tahun ini," ajak Fatoni.

 

"Daerah kita ini daerah besar, potensinya cukup banyak, luas wilayah yang cukup, jumlah penduduknya terbesar ke-4 di Indonesia. Kita juga pintu gerbang Indonesia, banyak negara-negara sahabat yang punya perwakilan di Sumut. Ini semua peluang bagi kita untuk terus menjaga harmoni, menjaga sinergi dan kolaborasi untuk kemajuan Sumut," kata Fatoni.

 

Tak hanya pelaksanaan PON, dalam waktu dekat Sumut juga akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Gubernur, Bupati dan Walikota. Untuk itu, Fatoni mengajak seluruh masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih untuk ramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menyalurkan hak suaranya.

 

"Tahun ini kita akan melaksanakan Pilkada, pencoblosannya tanggal 27 November 2024. Kita dukung pelaksanaan Pilkada dengan baik, kita gunakan hak pilih kita, kita jaga iklim kondusif Sumut. Ajak masyarakat jangan menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, adu domba, finah. Kita tanamkan, kita semua bersaudara untuk mewujudkan Sumut yang maju, sejahtera mantap dan harmoni," ucap Fatoni.

 

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Tebing Tinggi Moettaqien Hasrimi menyambut baik pelaksanaan Safari Dakwah dan Doa Keselamatan dalam rangka menyambut PON XXI Aceh-Sumut. Dirinya juga berterima kasih atas kunjungan Pj Gubernur Sumut dengan membawa pendakwah Ustaz Yusuf Mansur untuk memberi pencerahan dan meningkatkan pemahaman agama masyarakat Kota Tebing Tinggi.

 

"Kami patut bersyukur dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut Kota Tebing Tinggi sebagai penutup akhir  safari dakwah merajut kebersamaan untuk kesuksesan pelaksanaan PON. Kami berharap event-event besar baik tingkat provinsi dan nasional bisa menyemarakan Kota Tebingtinggi," harapnya

 

Sementara itu, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mengatakan dirinya mendukung penuh kesuksesan pelaksanaan PON Aceh-Sumut, mengingat Serdangbedagai menjadi salah satu kabupaten penyelenggara pertandingan. Hal senada juga disampaikan Pj Bupati Deli Serdang Wiriya Alrahman yang berkomitmen mendukung pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut dengan memberikan hal terbaik kepada seluruh atlet dan oficial yang hadir di Sumut, khususnya venue di Kabupaten Deli Serdang.

 

“Kami siap memberikan yang terbaik untuk mendukung kesuksesan PON tahun 2024,” sebut Wiriya di Lapangan Segitiga Tengku Raja Muda, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara.

 

Pada kunjungan tersebut, Pj Gubernur Sumut Fatoni juga melakukan Peletakan Batu Pertama Masjid Pondok Pesantren Darul Zakir Alwi di Jalan Bagot Puloan, Martebing, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai. Tak hanya itu, dirinya juga menyerahkan bantuan kepada Yayasan Duta Inspirasi Alquran (YDIA School), Yayasan Abdi Sabda Theological College, bantuan pembangunan masjid dan santunan kepada anak yatim, serta membuka Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kabupaten Deli Serdang.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#sumut
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara