Pulihkan Kualitas Lingkungan, Pj Gubernur Sumut Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Tingkatkan Penanaman

Medan. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kegiatan penanaman pohon. Kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memulihkan kualitas lingkungan, mitigasi perubahan iklim dan rehabilitasi hutan.

 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk alam, lingkungan dan akan dirasakan langsung oleh masyarakat, kita terus melakukan kegiatan ini oleh lembaga, swasta, pemerintah dan masyarakat untuk menjaga lingkungan kita,” kata Fatoni dalam kegiatan Green Harmony-Tanam Pohon untuk Bumi di Jalan Eka Sama, Medan, Sumatera Utara, Rabu (31/7/2024).

 

Menurutnya, dibutuhkan gerakan bersama untuk memberikan dampak yang lebih besar dan cepat. Fatoni mengatakan bahwa seluruh elemen masyarakat, pemerintah, lembaga dan swasta harus ikut menggalakkan penanaman pohon di seluruh daerah.

 

Program ini menargetkan penanaman 1 juta pohon di Sumut dengan menggandeng Andi F Noya dan Pricilia Nasution yang merupakan pemerhati lingkungan. Sejauh ini, Pemprov Sumut telah menanam lebih dari 41 juta pohon di lahan kiritis seluas 74 ribu hektare dan 41 juta pohon di kawasan hutan seluas 72 ribu hektare selama tahun 2023.

 

“Di luar itu, kita juga menanam pohon sebanyak 616 ribu batang di 1.540 hektare. Ini perlu komitmen kita bersama, agar bumi kita semakin terjaga, terhindar dari bencana alam dan semakin layak untuk ditinggali,” ucap Fatoni.

 

Dalam kesempatan yang sama, Pemerhati Lingkungan Andi F Noya yakin melalui kegiatan yang dinisiasi PTPN IV menjadi salah satu langkah untuk menjaga dan memulihkan lingkungan. Bukan hanya PTPN IV, dia juga berharap adanya keberlanjutan pada setiap kegiatan penanaman pohon.

 

“Ini hanya satu langkah, akan ada langkah-langkah berikutnya, kita harap kita terus berkomitmen untuk menyelamatkan lingkungan kita,” kata Andi.

 

Sementara itu, Direktur PTPN IV Jatmiko Krisna Santosa berharap kedepannya akan semakin banyak muncul orang-orang yang peduli dengan lingkungan. 

 

“Kita berharap semakin banyak muncul orang-orang yang peduli lingkungan, bersama-sama kita terus memulihkan lingkungan kita,” ucap Jatmiko.

 

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara