Seminar Literasi Guru TK dan SD Untuk Pengembangan Mutu dan Kualitas Program Pendidikan

Medan - Dalam rangka pengembangan mutu dan kualitas program pendidikan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara berkolaborasi bersama @yatimmandiri_sumut menyelenggarakan Seminar Literasi Guru TK dan SD dengan tema "Menjadi Guru Hebat Wujudkan Karakter Anak Melalui Metode Story Telling dan Ice Breaking dalam Mengajar", di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu. (27/07)


Seminar kali ini Kadis Perpustakaan dan Arsip Provsu ibu @dwi_endah_purwanti berkesempatan memberikan materi kepada para guru yang berhadir. Dalam pemaparannya, Dwi menyampaikan pengalaman dan pemikiranya yang berkaitan dengan pengembangan kreatifitas dan literasi bagi guru. Menurutnya kreatifitas dan literasi selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman, dan bukti perkembangan kreativitas dan literasi di era modern ini adalah di bidang teknologi informasi. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi juga menimbulkan dampak yang lain, yakni berpengaruh terhadap minat baca.

 

Maka dari itu, ibu Dwi menjelaskan bahwa para pendidik harus dapat mengenalkan budaya literasi pada anak usia dini agar anak tertarik dan suka dengan buku. Kemampuan literasi bagi anak usia dini tidak diukur melalui kemampuan membaca atau menulisnya, akan tetapi pada ketertarikan dan kegemaran anak terhadap buku. Selain itu, agar kita menjadi pendidik yang kreatif, berliterasi, dan memiliki banyak prestasi kita harus menghilangkan penyakit-penyakit yang biasanya muncul pada jiwa pendidik di antaranya penyakit malas untuk membaca. Melalui literasi guru ini, maka guru akan kreatif dan mempu meliterasikan anak-anak usia dini yang didiknya.

Harapannya, Semoga dengan adanya kegiatan ini, lahirlah guru-guru yang mulia dan berkarakter sehingga dapat menciptakan generasi muda yang cerdas dan berdaya saing tinggi.

#pemprovsumut
#sumaterautara
#lebihdekatlebihcerdas

 

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara