Tercatat 50 Ribu Calon Volunteer Wilayah Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak Masyarakat Kontribusi S

Medan. Saat ini tercatat pendaftar volunteer pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) wilayah Sumatera (Sumut) telah mencapai 50.000 orang. Melihat angka tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Agus Fatoni terus mengajak masyarakat untuk ikut mendaftar sebagai volunteer.

 

“Semua bisa berpartisipasi menyukseskan PON, bisa berkontribusi dengan volunteer. Saat ini, pendaftar sudah mencapai 50 ribu orang dan akan kita catatkan ke Rekor MURI untuk volunteer PON terbanyak se-Indonesia,” kata Fatoni saat pembukaan North Sumatera Innovation 2024 di Halaman Parkir Kantor Gubernur, Medan, Sumatera Utara, Rabu (31/7/2024).

 

Sebagai informasi, volunteer terbagi menjadi tiga, diantaranya blue volunteer, green volunteer dan yellow volunteer. Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas, sebagaimana keseharian. Green Volunteer, mereka yang secara langsung terjun dalam pelaksaan event dan akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana. Terakhir, Yellow Volunteer adalah mereka yang terlibat di event untuk tujuan belajar dan mendapatkan pengalaman.

 

Selain volunteer, masyarakat juga bisa berkontribusi sesuai kapasitasnya masing-masing. Menurutnya, dengan bersama-sama maka pelaksanaan PON akan sukses. 

 

“Bisa berkontribusi dengan menjadi volunteer, pasang spanduk, pasang iklan, pasang poster, upload di medsos, mari kita semarakkan PON ini,” ucap Fatoni. 

 

Tak hanya itu, Fatoni juga memperkuat sinergi dengan seluruh pihak, termasuk Forkopimda Sumut dan tokoh masyarakat dalam menyukseskan PON. Hal ini dikarenakan tanpa kebersamaan, PON tidak akan berjalan sukses. 

 

“Kesempatan menjadi tuan rumah harus kita manfaatkan, kita pertama kali jadi tuan rumah pada tahun 1953 dan baru sekarang dapat kesempatan lagi. Untuk menjadi tuan rumah lagi, bisa-bisa 80 tahun lagi baru dapat kesempatan lagi, oleh sebab itu jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menunjukkan siapa Sumut,” ujar Fatoni. 

 

Secara terpisah, Ketua Bidang Humas Publikasi Informasi dan Teknologi Panitia Besar PON Sumut Ilyas Sitorus mengatakan saat ini pihaknya terus mengajak seluruh pihak berkontribusi menyukseskan PON, termasuk memasifkan publikasi. Mulai dari publikasi media luar ruang, media cetak, elektronik, media sosial dan lainnya juga gencar dilakukan. 

 

“Dengan dukungan seluruh pihak, khususnya masyarakat, PON akan sukses, ini yang kita harapkan, jika semua bersama-sama menyemarakkan ini, kami optimis PON akan sukses seluruhnya,” kata Ilyas.

#agusfatoni
#pemprovsumut
#sumaterautara
#lebihdekatlebihcerdas

Dinas Perpustakaan dan Arsip
Provinsi Sumatera Utara